h TAKAFUL MAKASSAR: Anda Perokok, Inilah Biaya Yang Anda Akan Keluarkan

Kamis, 21 Februari 2013

Anda Perokok, Inilah Biaya Yang Anda Akan Keluarkan



Sekarang, siapa yang gak tahu bahaya merokok? Semua orang tahu, bahkan perokok pun pasti hapal di luar kepala bahaya rokok karena keseringan baca di bungkusnya. Tapi kenapa masih mau merokok? Nah, mungkin kalau cuma bahayanya, orang jadi gak gitu peduli, tapi semoga dengan tahu biaya pengobatan karena penyakit itu, para perokok bisa sadar sebelum terlambat. 

Menurut doktermu.com, perokok itu punya resiko tinggi terkena penyakit jantung koroner, atau Coronary Artery Disease. Jadi, sekarang kita bahas pengobatan penyakit jantung koroner aja ya... 

Pertama kita mesti tahu apa dulu penyakit jantung koroner itu.
Nah, penyakit ini karena adanya sumbatan di pembuluh koroner, pembuluh yang mendarahi jantung, jadi pembuluh ini yang mensuplai darah ke jantung, si tukang pompa darah itu sendiri. 
Nah, ada beberapa sumbatan dalam arteri jantung, seperti ini.




Apa yang terjadi kalau pembuluh darah ini tersumbat? Ya, pastinya darah sulit mengalir ke jantung, dan jantung sendiri mulai kekurangan darah. Sel-sel jantung yang kekurangan suplai darah mulai mati, dan akhirnya jantung lama kelamaan membusuk, dan akhirnya berhenti beroperasi untuk selama-lamanya.



Dari totalkesehatananda.com, obat yang paling umum digunakan adalah streptokinase, obat yang dapat memecah sumbatan di dalam pembuluh darah. Obat ini diberi dengan cara disuntik rupanya. Dan berapakah harga satu vial (botol kaca kecil) Streptokinase? Apotik.medicastore.com menjualnya seharga Rp 4.259.200,00!!!



Itu baru sumbatan kecil. Gimana kalau sumbatannya lebih menyumbat pembuluh darah lagi? Ada dua cara, operasi sih... dengan teknik balonisasi atau ptca sten. 



Dengan balonisasi, sebuah selang dimasukkan ke dalam pembuluh darah yang tersumbat, lalu ditiup (istilah konyolnya, begitulah...) saat berada di sumbatannya. Selang akan membesar, dan melebarkan pembuluh darah yang sudah tersumbat tadi.


Kalau dengan ptca sten,balon tadi nanti ditambah kawat sten. Pas sudah sampai di lokasi penyumbatan, balon ditiup. Sten juga bakalan ikut melebar, lalu balon di ambil kembali, tapi sten tetap ada di dalam. Nah, fungsi sten di sini untuk menyangga supaya tidak terjadi sumbatan lagi. Berapa biaya balonisasi dan pemasangan sten ini? Dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita menyatakan biaya pemasangan sekitar $2300 atau Rp 20.700.000,00 per satu sumbatan.






Nah, kalau kebetulan sumbatannya sudah terlalu banyak, maka daripada dokternya capek kebanyakan niup balon :p, pasiennya juga gak kebanyakan bayar, biasanya dilakukan operasi bypass jantung. Bypass jantung itu seperti membuat jalur tembus ke pembuluh jantung. Logikanya, kalau ada kita lagi naik motor, ada razia polisi, kita lupa bawa SIM, pastinya kita nyari jalan lain untuk sampai kan. Kalau jalannya sudah gak ada, ya kita bikin aja jalan sendiri. Intinya di bypass jantung, kita bikin pembuluh darah baru untuk mengaliri darah jantung. Berapa biayanya? 
Dokter spesialis jantung dari Santosa Bandung International Hospital di kompas mengatakan biayanya Rp 150.000.000,00, seratus lima puluh juta!



Dari sebungkus rokok yang harganya sepuluh ribuan, menjadi sebuah penyakit seharga 150 juta-an. Masih berani merokok?Bantu sebarkan untuk menyadarkan perokok.
ANDA MASIH SUKA MEROKOK ?
ANDA BELUM PUNYA ASURANSI KESEHATAN ?
SEGERA HUBUNGI KAMI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar